You are here
Home > Kesehatan > Inilah Tanda-Tanda Awal Bahwa Anda Sedang Hamil

Inilah Tanda-Tanda Awal Bahwa Anda Sedang Hamil

Kehamilan merupakan suatu kebahagiaan bagi pasangan suami – istri yang menjadi tanda bahwa buah cintanya akan segera lahir mengisi keluarga. Apalagi bagi pasangan yang baru saja menikah, sehingga kehamilan menjadi tanda bahwa mereka sebentar lagi akan dikaruniai buah hati.

Wanita yang baru menikah mungkin penasaran kapan dirinya akan hamil. Wanita yang baru menikah juga pasti akan mencari-cari tahu informasi kehamilan paling tidak seminggu setelah berhubungan intim dengan suami.

Di antara banyak sekali tanda kehamilan, terlambat datang bulan menjadi salah satu tanda yang paling umum dan menjadi acuan yang paling gampang dipahami. Tetapi, terlambat datang bulan bukanlah satu-satunya hal yang menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil.

Menurut para ahli medis, ada banyak tanda-tanda kehamilan yang bisa digunakan sebagai acuan bahkan seorang wanita sedang hamil. Selain terlambat datang bulan, berikut beberapa tanda kehamilan yang bisa Anda jadikan sebagai indikator bahwa Anda sedang hamil.

Tanda-Tanda Awal Kehamilan: Jadikan Acuan untuk Mengetahui Bahwa Anda Sedang Hamil

1. Terdapat Perubahan Tertentu yang Tampak Pada Payudara

Bila Anda belum yakin bahwa Anda sedang hamil maka cobalah perhatikan payudara Anda. Apabila payudara terlihat semakin padat atau menjadi lebih kencang dan terasa lebih sensitif, bisa jadi Anda sedang hamil.

Hal tersebut dikarenakan perubahaan hormon yang terjadi dalam tubuh di awal kehamilan akan berefek pada payudara sehingga menjadi lebih kencang dan sensitif.

Selain itu, bagian puting akan terlihat lebih mengembul keluar dan warnanya juga akan terlihat lebih gelap. Selain itu, garis-garis pembuluh darah akan terlihat menjadi lebih jelas di bagian permukaan kulit payudara.

2. Perut Akan Mulai Kram

Selain terlambat datang bulan, kram pada perut menjadi salah satu tanda kuat bahwa Anda sedang hamil. Umumnya, wanita di awal kehamilannya, terutama di minggu-minggu pertama akan mulai merasakan kram di bagian perut. Bila Anda mulai sering mengalaminya, maka dari tanda tersebut, Anda sudah bisa menduga bahwa Anda sedang hamil.

Kram pada umumnya terasa karena adanya implantasi janin ke dinding rahim. Hal tersebut akan semakin terasa dan terus terasa selama proses implantasi tersebut berlangsung. Jadi bila Anda mulai sering mengalami kram tanpa penyakit lain, bisa jadi itu merupakan tanda yang mengindikasikan bahwa Anda benar-benar sedang hamil.

3. Mulai Merasa Cepat dan Sangat Lelah

Di tahap-tahap awal kehamilan, Anda mungkin akan merasa sangat lelah dan cepat lelah, meskipun tidak sedang melakukan aktivitas yang luar biasa berat. Apalagi, di awal-awal kehamilan, kelelahan yang Anda alami serasa tidak tertahankan dan seringkali tanpa sebab.

Bila Anda mengalaminya, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang bertujuan untuk menyegarkan tubuh atau menghilangkan rasa lelah seperti kafein, karena malah akan mengganggu janin Anda bahkan membahayakannya.

Sebaliknya, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Bila Anda merasa sangat lelah karena memang sedang hamil, berarti Anda patut berbahagia. Umumnya, kelelahan bisa terjadi karena terjadi peningkatan pada kandungan progesteron di bagian tubuh pada masa-masa awal kehamilan. Hal tersebut juga didukung dengan perubahan yang signifikan terhadap produksi darah, detak jantung, hingga metabolisme tubuh.

4. Penciuman Mulai Sensitif Terhadap Bau

Anda pasti sudah tahu bahwa mual dan muntah kerap menjadi tanda penting bahwa seorang wanita sedang hamil. Mual dan muntah saat hamil ternyata bisa saja disebabkan karena indera penciuman mulai sensitif terhadap bau.

Jangan terkejut bila bawaannya ingin muntah bila Anda sedang mencium aroma-aroma minyak wangi hingga asap rokok, maupun aroma makanan yang sebenarnya sering Anda makan seperti telur dan makanan-makanan lain yang mengandung bawang.

Bila Anda merasa bahwa penciuman Anda mulai sensitif dan sering merasa mual hingga muntah, itu tandanya Anda sedang hamil.

5. Nafsu Makan Semakin Berkurang

Mulai sering mual dan muntah dan didukung pula dengan penciuman yang mulai sensitif, nafsu makan yang semakin berkurang juga menjadi tanda bahwa Anda sedang hamil.

Berkurangnya nafsu makan tersebut terjadi karena adanya peningkatan terhadap kadar hormon beta-hCG (human chorionic gonadotrophin) saat hamil, ditambah indera penciuman yang makin sensitif, sehingga kerap membuat wanita hamil menjadi kurang selera makan.

Bila Anda pun merasa demikian, bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang hamil. Namun, meski nafsu makan berkurang, tetaplah atur pola makan demi kesehatan janin.

Nah, itulah tanda-tanda yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan bahwa Anda sedang hamil. Masih ada banyak tanda lain, dan apabila mayortas hal di atas mulai Anda alami, berarti kemungkinan besar Anda memang sedang hamil. Selamat!

Tinggalkan Balasan

Top